Harapan Untuk Ibu Kota Baru Indonesia 2024

Isu-isu mengenai pemindahan ibu kota kini kian mencapai puncaknya. Hal ini dibuktikan dengan keputusan presiden Republik Indonesia Ir.H. Joko Widodo, pada tahun 2024 ibu kota resmi dipindahkan ke pulau Kalimantan. Namun, kepastian mengenai Provinsi Kalimantan yang menjadi ibu kota dibagian pulau tersebut masih belum ditemukan. Harapan-harapan yang dapat diberikan untuk ibu kota baru di Indonesai alih-alih harus memerhatikan beberapa sektor penting seperti pemerataan infrastruktur, pemerataan ekonomi, pemerataan pendidikan. Pemerataan infrastruktur menjadi harapan yang sangat penting mengingat bahwsaannya pulau Kalimantan masih memiliki daerah-daerah yang infrastrukturnya masih terbilang sangat jauh dari kata layak, bahkan untuk merasakan listrik pun masih terbilang susah. Hal ini sangat penting mengingat infrastruktur menjadi salah satu pusat dari segala macam pendukung program dalam sistem pemerintah seperti pemerataan listrik, sinyal untuk telfon dan internet, memudahkan dalam pemerataan pendidikan, dan memudahkan dalam perekonomian masyarakat, akses pelayanan kesehatan dan masih banyak lagi.

Harapan lainnya adalah mampu mendorong terbentuknya sikap cinta tanah air mengingat bahwa Kalimantan menjadi pulau yang berbatasan langsung dengan Malaysia dan Brunei. Bahkan tak jarang sekalipun masyarakat berbelanja di Malaysia dengan alasan harganya terbilang lebih murah, lebih dekat, mungkin saja masyarakat juga ada yang membangun rumah dibagian Indonesia ruang tamunya dan dapurnya di Malaysia. Hal ini sungguh ironi mengingat bahwa masyarakat di daerah perbatasan Negara juga termasuk dalam bangsa Indonesia. Permasalahan yang menjadikan hal ini terjadi mungkin saja dikarenakan infrastruktur yang masih kurang dirasakan masyarakat sekitar perbatasan. Bayangkan saja hanya dengan berjalan kaki saja masyarakat perbatasan dapat langsung menemukan jalan trotoar dan bangunan megah, sedangkan di Indonesia sendiri mereka masih harus menembuh jalan yang jauh untuk berbelanja. Disamping pendidikan yang masih kurang memadai mendorong sikap cintai tanah air diperbatasan semakin berkurang. Adanya program pemindahan ibu kota diharapkan mampu memperbaiki infrastruktur dan sistem pendidikannya, sehingga mampu mewujudkan sikap cinta tanah air di Indonesia.

Harapan lainnya adalah pemindahan ibu kota ini, diharapkan tidak menggunakan prinsip penebangan hutan secara besar-besaran melainkan menerapkan prinsip kota hijau. Hal ini mengingat bahwa Kalimantan merupakan paru-paru dunia, sehingga ini menjadi tantangan dalam pembangunan infrastruktur. Saat ini masih sedikit kota di Indonesia yang menerapkan pembangunan berlandaskan kota hijau. Diantaranya adalah Malang, Yogyakarta, Bandung, dan Balikpapan. Pemerataan pembangunan berprinsip kota hijau ini akan menjadi langkah awal yang baik bagi kita semua apabila dicontohkan pada ibu kota yang baru.

Harapan lainnya adalah pemindahan ibu kota ini, diharapkan terdapatnya rumah susun atau sejenisnya. Hal ini untuk mengurangi terdapatnya pemukiman kumuh warga akibat adanya pendatang maupun warga setempat. Apabila kita melihat sedikit kota Jakarta yang awalnya sempat ada pemukiman kumuh kini sudah berkurang dan mungkin saja sudah tidak ada diakibatkan penggusuran serta pemindahan warga ke rumah susun. Hal ini rasanya perlu dilakukan supaya tidak terjadinya kesalahan yang sama terulang kembali.

Harapan lainnya adalah pemindahan ibu kota ini, diharapkan merupakan wilayah yang mudah untuk dijangkau dari berbagai pulau di Indonesia. Hal ini justru akan berdampak terhadap perekonomian. Perekonomian yang mudah dijangkau oleh masyarakat dan berbagai wilayah di Indonesia akan menstabilkan harga disetiap provinsi sehingga tidak akan terjadi kesenjangan antara satu provinsi dengan provinsi lainnya. Hal ini juga akan memudahkan kontrol di setiap provinsi sehingga masalah kesenjangan akan mudah diselesaikan.

Sekian harapan dari ibu kota Indonesia kedepannya diharapkan Indonesia akan selalu menjadi Negara yang berlandaskan pancasila dan UUD 1945. Hidup Indonesiaku! Jaya Negeriku!.

@Kementerian PPN/Bappenas #Bappenas #IbuKotaBaru

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Diagram Terner

BAHASA KAITANNYA DENGAN SENI

Menghadapi Realitas: Efek Negatif Bermain Game Online yang Perlu Diwaspadai